Santosa Hospital Bandung Central

Indonesian English

Penyakit jantung menempati urutan kedua sebagai penyebab kematian di Indonesia, angka kamatian tiap tahun meningkat seiring dengan pola hidup masyarakat dewasa ini. untuk itu diperlukan suatu metode pemeriksaan yang dapat mendeteksi dini adanya penyakit ini. Kemajuan teknik pemeriksaan Computed Tomography saat ini telah meningkat pesat. Kemampuan scanning yang amat cepat dengan irisan yang sangat tipis (kurang dari 1 mm) telah meningkat kualitas gambar yang dihasilkan.

Di Santosa Bandung International Hospital telah dipasang pesawat CT-Scan 64 slice yang merupakan perkembangan terkini dari teknologi pencitraan jaringan mulai dari tulang hingga pembuluh - pembuluh darah koroner pada jantung, sehingga penegakan diagnosa dapat lebih akurat.

scan64

Keuntungan dari CT-Scan 64 - slice

.

  1. Evaluasi yang cepat dari berbagai penyakit termasuk kelainan pada pembuluh darah jantung. Dengan kecepatan rotasi tube 0,33 detik pesawat ini mampu menghasilkan 64 potongan / gambar sekali scanning. Kemampuannya ini memungkinkan dihasilkan kualitas gambar yang tak tertandingi baik dalam pemeriksaan rutin maupun pemeriksaan khusus. Sehingga dapat dilakukan evaluasi yang cepat pada berbagai kasus misalnya stroke dan penyakit jantung. Proses scanning dapat dilakukan hanya dalam satu kali menarik nafas dan menahan nafas saja.

  2. Resolusi pencitraan yang amat tinggi. Dengan multidetektor yang dimilikinya, dapat diperoleh gambar yang benar-benar isotropik dari setiap bagian tubuh pasien, dengan penampang potongan yang amat tipis. Disamping itu, Kemampuan untuk memperoleh data volume memungkinkan dilakukannya "pengirisan" dengan berbagai arah termasuk rekonstruksi 3D post processing.

  3. Deteksi penyakit jantung dan arterikoroner. Dengan CT-Scan 64 slice ini dimungkinkan untuk mendapatkan gambaran yang baik dari organ-organ bergerak seperti jantung yang berdenyut. Dengan dihasilkannya gambaran beresolusi tinggi, maka dapat mengevaluasi secara langsung keadaan aorta, alteri pulmonalis, arteri koronaria dan percabangannya. Hal ini akan membantu para dokter untuk membuat diagnosa penyakit - penyakit jantung dan arteri dengan segera melihat ada tidaknya penyumbatan pada pembuluh darah jantung (arteri koronaria).

  4. Diagnosa yang akurat dan pengobatan yang lebih dari suatu penyakit. Dengan alat CT-Scan 64 slice dapat dideteksi adanya nodul / tumor, kista ataupun pertumbuhan lainnya seukuran 0,4 mm (lebih kecil dari ukuran pasir). Disamping itu dapat pula dievakuasi secara tepat perubahan ukuran nodul / tumor jinak atau ganas serta dalam evaluasi terapinya.

  5. Pengukuran dosis radiasi. CT-Scan 64 slice kami dilengkapi dengan detektor yang amat sensitif sehingga dapat dilakukan teknik scanning dengan dosis radiasi rendah tetatpi gambar yang dihasilkan tetap tinggi resolusinya, dengan demikian paparan radiasi pada pasien dapat diminimalkan.

Siapa sajakah yang perlu pemeriksaan ?

 

  1. Pasien - pasien denga keluhan nyeri dada yang tidak khas / Non Angina.

  2. Pasien - pasien dengan hasil Treadmill atau hasil EKG meragukan

  3. Pasien - pasien tanpa gejala tetapi diikuti 1 atau lebih faktor resiko :

    - Kolesterol tinggi

    - Perokok

    - Berat badan berlebih / Obese

    - Riwayat Keluarga

    - Darah tinggi 

    - Kencing manis

    - Usia lanjut

  4. Pasien pasca balorisasi / pemasangan stent, atau post operasi by-pass koroner, untuk menilai ada tidaknya sumbatan baru di bagian pembuluh darah lainnya.

Adakah efek samping yang ditimbulkan dari pemeriksaan CT-Scan ?

 

Hingga saat ini belum ada laporan secara luar dari dunia kedokteran tentang efek samping yang ditimbulkan dari pemeriksaan CT-Scan 64 slide ini. Bahkan sebaliknya, CT-Scan dipakai secara luas untuk membantu menegakkan diagnosa dini guna mengurangi dan mencegah 3 penyakit yang mematikan di seluruh dunia yaitu : penyakit jantung, kanker, dan stroke.
Pasien wanita yang sedang hamil harus memberitahukan pada dokter / petugas di bagian CT-Scan pada saat mendaftar.

Pemeriksaan CT-Scan di Santosa Hospital Bandung Central (SHBC) di laksanakan oleh tenaga profesional yang telah berpengalaman dan telah memperoleh berbagai pelatihan, baik di luar negeri maupun di dalam negeri.