Santosa Hospital Bandung Central

Indonesian English

Pusat Jantung

Saat ini, penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama penyebab kematian di dunia. Jenis penyakit jantung yang masih mendominasi adalah penyakit jantung koroner (PJK), yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung menjadi tersumbat. Tindakan kedokteran yang menjadi pilihan utama (Gold Standard) untuk penanganan penyakit jantung koroner ialah dengan teknologi kateterisasi, yaitu teknologi untuk mendiagnosa dan mengatasi penyumbatan di dalam pembuluh darah dengan bantuan sinar - X. Sumbatan pembuluh darah yang ditemukan selanjutnya dilakukan pemasangan stent (ring jantung) untuk melebarkan pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyumbatan kembali .

Teknologi kateterisasi jantung terus berkembang. Kecanggihan peralatan kateterisasi jantung memungkinkan diagnosa akurat dan terapi yang tepat Santosa Hospital memiliki alat kateterisasi jantung merk Siemens dan Philips yang dilengkapi Flat Panel Image Intensifier. Fitur tersebut menghasilkan resolusi gambar lebih jelas sehingga tindakan yang dilakukan tepat sasaran dan aman bagi pasien. Selain alat kateterisasi jantung, ada juga CT Scan 64 Slices, yakni peralatan pemindai tubuh dengan memanfaatkan sinar - X, tujuannya untuk mendapatkan pencitraan jaringan dari tulang hingga pembuluh darah koroner pada jantung.

Selain peralatan yang canggih, Cardiac Centre ini didukung pula oleh tim ahli dengan spesialisasi yang beragam. Dengan demikian perawatan pasien di Cardiac Centre ini sangat komprehensif. Santosa Hospital juga mengupayakan peningkatan keahlian para staf dalam penanganan penyakit jantung melalui kerja sama dengan para ahli jantung internasional. Maka dari itu, Santosa Hospital mengundang dr. Ronald Dick, FRACP, Direktur Victorian Heart Centre dari Epworth Hospital, Australia untuk selalu meng- update bidang keilmuan dan teknologi penanganan jantung dengan standar internasional yang terbaru.

cardiac1

ANGIOGRAFI KORONER (KATETERISASI JANTUNG)

Adalah suatu tindakan pemeriksaan yang paling akurat (Gold Standard) untuk mendiagnosa penyakit jantung koroner. Pemeriksaan ini menggunakan sinar X dan zat kontras yang diinjeksikan ke dalam pembuluh darah jantung untuk melihat ada tidaknya penyempitan / sumbatan.

 

ANGIOPLASTI KORONER 

Percutaneous Coronary Intervention (PCI)

Adalah tindakan minimal invasif untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang mengalami penyempitan dengan balon, tanpa operasi jantung terbuka. Prosedurnya hampir sama dengan angiografi koroner, dengan menggunakan kateter khusus. Balon dimasukan dan dikembangkan tepat di lokasi penyempitan agar pembuluh darah yang menyempit kembali terbuka. Untuk mencegah terjadinya penyempitan kembali (re-stenosis), dilakukan tindakan pemasangan ring atau cincin penyangga (stent). Prosedur ini membutuhkan waktu 1-2 jam sampai selesai dan pasien tetap sadar selama tindakan.

 

RISIKO

Teknologi angiografi yang dimiliki Santosa Hospital memungkinkan dilakukannya tindakan yang lebih singkat dengan akurasi yang lebih tinggi, serta dosis sinar-X yang lebih rendah. Setiap pasien dilakukan pemeriksaan lengkap sebelum tindakan. Masa rawat yang singkat dan prosedur beserta peralatannya yang steril mengurangi risiko infeksi terhadap pasien.

Cardiac Centre Santosa Hospital Bandung Central (Pusat Pelayanan Jantung) memiliki peralatan Angiografi yang lengkap dan didukung oleh Dokter Spesialis Jantung yang berpengalaman baik di dalam maupun di luar negeri serta menerapkan prinsip-prinsip penanganan terkini sehingga pelayanan pada pasien dapat dilaksanakan secara maksimal dan terpadu

 

cathlab philips

cathlab siemens